Konspirasi Skor Loloskan Italia di EURO 2012?

Posted by BOLAHOLIC On Selasa, 19 Juni 2012 0 komentar

Kesuksesan Italia lolos ke babak perempat final di EURO 2012 kali ini mementahkan beberapa spekulasi yang mengatakan bahwa kasus "main mata" dan konspirasi skor seperti yang terjadi di Piala Eropa 2004 tidak terjadi. Yang jelas, sebagai negara berperingkat satu FIFA, Spanyol tidak ingin sepakbolanya tercoreng  sehingga menjaga martabat sepakbola di mata internasional lebih penting dari sekedar lolos ke babak berikutnya.

Untuk itu tak ada tim yang harus berterimakasih pada tim lain setelah mereka memastikan lolos ke babak 8 besar, karena mereka telah berusaha dengan sekuat tenaga dan tentunya tetap menjunjung tinggi sportivitas dan profesionalitas di mata sepakbola dunia. Oleh karena itu, semua negara yang tergabung dalam grup C mati-matian berjuang demi tujuan masing-masing. Italia, Kroasia dan Spanyol jelas ingin melangkah ke babak berikutnya tanpa harus memikirkan hasil yang terjadi di tim lain. Lalu bagaimana dengan Irlandia?. Irlandia yang selalu kalah di pertandingan sebelumnya ingin mengangkat citra timnya agar paling tidak melakukan perlawanan yang sengit terhadap Italia.

Jika dikaitkan dengan kekuatiran Italia terhadap konspirasi skor antara Kroasia dan Spanyol, ada yang berpendapat bahwa konspirasi skor dan 'main mata' justru bisa terjadi antara Italia kontra Irlandia. Mereka beralasan bahwa pertama Irlandia sudah tidak memiliki kepentingan apapun di EURO 2012 karena sudah tersingkir. . Sedangkan ucapan-ucapan yang tersebar di media bahwa Irlandia akan tetap bermain sportif kemungkinan saja untuk menenangkan media massa. Kedua, sang pelatih adalah warga asli Italia, sehingga ada 20% dalam benak pikirannya untuk memberikan "hadiah" pada negaranya, Italia sebuah kemenangan, karena menangpun tak ada artinya. Mungkin anggapan dan pendapat seperti itu wajar dan masuk akal jika namun opini tersebut terbantahkan sendiri oleh fakta di lapangan. Irlandia benar-benar memberikan perlawanan berarti terhadap Italia.

Sisi lain lolosnya Italia di EURO 2012 juga mengingatkan kita di EURO 2008, dimana waktu itu penentuan lolos tidaknya Italia di tentukan di partai terakhir saat berhadapan dengan Prancis. Saat itu Italia berhasil menaklukan Prancis skor 2-0. Kemenangan itu membuat Italia berada di posisi 2 klasemen di bawah Belanda dan lolos ke perempat final, sebuah catatan hasil yang mirip, dimana di EURO kali ini, penentuan lolos tidaknya juga pada partai terakhir dan juga dengan skor yang sama 2-0 dan juga berada di posisi ke dua dengan nilai 5. Di babak selanjutnya (Euro 2008), Italia berjumpa dengan Spanyol di perempat final namun kalah dalam adu penalti. Andai saja Prancis menjadi top klasemen di grup D, maka Italia, di perempat final akan bertemu dengan Prancis. Yang jadi pertanyaan, akankah besok Italia akan bernasib sama dengan EURO 2008?.

Hal lain yang unik dari lolosnya Italia di Piala Eropa 2012 adalah bahwa dalam pertandingan, Italia selalu mencetak gol terlebih dulu ke gawang lawan-lawannya, di mana semua pencetak golnya merupakan pemain yang berbeda. Dari 4 gol yang digelontorkan Italia ke gawang musuhnya adalah hasil karya dari Antonio Di Natale, Andrea Pirlo, Cassano dan Mario Balotelli, dan pemain lawan yang mencetak gol ke gawang Italia merupakan salah satu Top skor negaranya masing-masing di EURO kali ini. Fabregas yang berhasil membuat gol balasan ke Italia telah mengkoleksi 2 Gol bagi Spanyol sejajar dengan Fernando Torres, begitu juga dengan Mandzukic yang menyumbang gol balasan ke gawang Italia juga top skor Kroasia di EURO 2012. Mungkin itulah beberapa kunikan dan sisi lain lolosnya Italia di EURO 2012. Salam olahraga !!

Semoga artikel Konspirasi Skor Loloskan Italia di EURO 2012? bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar